Kamis, 15 Maret 2012


SOFT SKILL DAN HARD SKILL

Hard skill adalah penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi dan keterampilan teknis yang berhubungan dengan bidang ilmunya.
Sedangkan soft skill adalah keterampilan seseorang dalam berhubungan dengan orang lain (interpersonal skills) dan keterampilan dalam mengatur dirinya sendiri (intrapersonal skills). Semua profesi membutuhkan keahlian (hard skill) tertentu akan tetapi semua profesi sangat memerlukan soft skill.

·         Menurut pendapat saya, hard skill dan soft skill sama pentingnya namun alangkah baiknya apabila kedua hal tersebut dilakukan atau dikerjakan dalam waktu yang bersamaan. Tidak hanya hard skill saja yang dikuasai tetapi soft skill juga wajib untuk dimiliki dalam pribadi atau individu masing-masing.
·         Soft skill sangat dibutuhkan dalam hal berinteraksi kepada orang banyak, apabila orang tersebut memiliki soft skill yang baik pasti akan sangat diperhatikan dan seseorang  yang berkomunikasi kepada orang tersebut juga dapat dengan mudah berbaur. Soft skill juga sangat berguna dalam hal pekerjaan, orang yang memiliki komunikasi yang baik atau keterampilan dalam berhubungan kepada orang lain yang menarik, pasti banyak menemukan link-link (manusia) yang berguna untuk perluasan kerja sama dalam hal pekerjaan.
·         Begitu pula dengan hard skill, penguasaan ilmu pengetahuan pun sangat dibutuhkan. Memiliki kecerdasan dalam bidang ilmu yang dikuasai, penting untuk pemenuhan kebutuhan kerja yang optimal.

Contoh soft skill antara lain : kemampuan beradaptasi, komunikasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pemecahan masalah, dan lain sebagainya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar