Jumat, 01 April 2011

TIPS SEHAT dan CANTIK

Makan Cukup Dua Kali Sehari

Hingga kini, para ahli diet masih bertentangan berkenaan dengan sistem makan sehari-hari: sebagian merekomendasikan untuk makan sehari tiga kali, sedang yang lain berpendapat lebih baik makan sehari dua kali.

Makan sehari dua kali. Tipe pola makan semacam ini didasarkan dari psikologi pelik dari tubuh manusia. Setiap orang harus mengambil jeda sebelum menyantap makanan lain, seyogyanya menunggu perut telah kosong, saat sensasi rasa lapar terasa kembali.

Para psikolog mengatakan, setiap orang harusnya sarapan mulai dari jam 7 hingga 10 pagi. Diikuti asupan makanan kedua, yang berjarak enam jam setelahnya - mulai dari jam 1 siang hingga jam 3 sore. Jam-jam itu disebut sebagai waktu makan yang ideal.




Kenapa Wanita Lebih Panjang Umur
daripada Pria?

Secara statistik, wanita rata-rata dapat hidup lima tahun lebih lama dibanding pria, kenapa? Penelitian di Inggris mengungkapkan bahwa hal ini disebabkan karena wanita mempunyai jantung yang lebih kuat. Pria akan mengalami penurunan kemampuan pompa jantungnya hingga seperempatnya dari usia 18 hingga 70 tahun. Sedang pada wanita, hanya terjadi sedikit perubahan pada jantungnya sejak usia 20 hingga 70 tahun.

Walaupun wanita mempunyai jantung yang lebih kuat, tapi ini tidak berarti wanita tidak mengalami penyakit jantung koroner. Malah menurut British Heart Foundation, satu dari enam kematian pada wanita disebabkan penyakit jantung koroner. Tapi kecenderungan mengalami penyakit jantung koroner terjadi 10 tahun kemudian dibanding pria.



Teh Lebih Baik Daripada Air Putih?


Minum teh ternyata lebih baik dibandingkan meminum air putih. Jika air putih hanya berfungsi menggantikan zat cair dalam tubuh, teh bisa melakukan fungsi tersebut plus mengandung antioksidan. Minum tiga gelas teh atau lebih tiap hari diyakini dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Beberapa studi lain juga menemukan teh bisa mencegah kanker kendati belum jelas bagaimana proses terjadinya. Teh juga mengandung flouride sehingga bagus untuk kesehatan gigi.

Bagi penderita anemia, sebaiknya jangan minum teh saat makan besar, seperti makan siang. Alasannya, teh dapat mempengaruhi proses kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi yang terkandung di makanan meski kadar kafein dalam teh tak sebanyak yang dimiliki kopi.



Mitos Menyesatkan Soal Makan Malam

Tidak makan malam membantu menurunkan berat badan? Itu cuma mitos menyesatkan!

Banyak orang berpikir, makan lebih sedikit berarti mempercepat penurunan berat badan. Mereka tidak tahu, ketika tak makan, tubuh berpikir kita sedang kelaparan dan karenanya memperlambat proses metabolisme.

Kita pun cenderung makan banyak sesudah melewati waktu makan. Karena itu, jangan lewatkan waktu makan. Cara yang sehat adalah makan sering tetapi dalam porsi kecil agar gula darah terus seimbang.



Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar